Sabtu, 13 Agustus 2011

(GoVlog-Ramadan) RELIGIUS VS BADUNG


Hay kawan, Ada yang pernah telat sahur gak? Atau malahan gak sahur gara-gara gak ada yang ngebangunin?  Banyak segudang alasan yang ngebuat kita telat ataupun gak sahur, ada yang gara-gara capek kerjaan lah, gak ada yang ngebangunin, malas, dan ada juga yang emang gak ada makanan yang disantap untuk sahur  (Ooww..ini sih khasnya anak kos). Untungnya, Kalau yang tinggal di desa ada yang namanya “Klotekan” alias ngebangun sahur .Entah kalau di kota, ada gak yaa? Soalnya gua tinggal di desa sih..! Jadi mereka yang klotekan kegiatannya mukul-mukulin alat musik sambil bilang "Sahurr..sahurr" gitu..! and mereka keliling mengitari desa menjelang sahur. Biasanya tuh, klotekan di kerjain sama anak-anak muda pakai peralatan ala kadarnya, ada yang pakai kentongan, gelas/botol, kicrikan,malahan ada yang lebih parah yaitu bawa wajan dan panci masak, sampai-sampai emak mereka ada yang mogok masak gara-gara pancinya pada penyok. Pokoknya alat klotekan kita serba tradisional deh. 
Sebuah kejadian unik, lucu dan menjengkelkan ramadhan tahun lalu, ngebuat gua selalu keinget terus. Gini nih ceritanya, di desa gua ada dua kelompok atau bahasa gaulnya “genk” lah, Antara genk muda religious sama genk badung. Gua termasuk genk religious, enggak sombong loh,emang kenyataan..! Sebenarnya kita sama-sama punya niat baik, yaitu ngebangunin sahur warga, Tapi yang ngebuat beda tuh caranya. Kalau genk religious gaya klotekannya islami banget, pukul alat-alat musiknya sambil bilang “Sahuurrr…sahurr..!!”. Kalau ala genk badung mukul kentongan sambil bilang “sahurr..sahurr!”. Lho..apa bedanya? Jelas beda.! Kalau genk religius disisipi solawatan, Uh begitu adem deh kalau dengerinnya*katanya warga sih gitu*, Tapi kalau genk badung seakan ikut kontes suara petir..! Keras, jelek, ancurr lagi. Bikin anak-anak pada nangis.Oek..oek kalau dengerinnya! Untungnya, kita beda area, Genk gua klotekan di area RT 4,5 dan 6 dan mereka di RT 7 and 8.
Yang bikin seru tuh, pas kita ketemu..Uhh pada sahut-sahutan adu gaya ala battle dance. Tapi genk gua sahabatan banget sama genk mereka lho, Cuma kalau nunjukin gaya, kita emang kaya’ musuhan. Ini nih kejadian yang bikin genk gua ngakak kaya’ digelitikin Setan penjaga WC, tapi kesel juga sih kalau liat aksinya. Saat itu di salah satu halaman rumah warga , sebut saja Pak Midjan, sedang matang-matangnya buah jambu air. Ternyata itu dimanfaatin sama genk badung, mereka punya trik ala peribahasa “ Sambil menyelam minum air” alias sambil bangunin sahur, maling jambu air jua. Trik mereka cukup canggih ngalahin trik sulapnya Deddy Mizwar..Eh maksudnya Deddy corbuzier deng..! Alat-alat klotekan pun diubahnya jadi alat-alat maling, Berubah total..! Yang asalnya kentongan diubah jadi bambu yang panjangnya sekitar 3,5 meter, gaya mukul-mukul klotekan sih sama seperti biasa, tapi yang ngebuat beda tuh mereka sambil sodok-sodokkan bambunya yang buat klotekan ke atas tepatnya pada gerombolan jambu air, So..jambu airnya pada jatuh, tapi ada yang bagian tugas nangkap pakai sarung mereka. Sungguh amazing, funtastic, and boombastis..! 
Jadi cara mereka gak ketahuan maling tapi dikira si pak Midjan mereka pada klotekan seperti biasa. Gua yang udah lama ngintai mereka, nafsu ingin langsung ngelaporin ke pak midjan, tapi sebelumnya gua marahi dulu ala emak-emak kampung. Gua samperin tuh genk badung, Tapi genk gua nyaranin gak usah ngelapor, mending kasih peringatan dulu. It’s OK lah kalau beg…begitu..! Dengan rumus matematika (764-703)x 5z :09 @#$$..! akhirnyapun mereka takut and minta maaf ke genk gua, katanya janji gak akan maling lagi. Wuhuyy..Gak nyangka kan, genk religius bisa ngeluluhin hati kerasnya si badung-badung.


7 komentar:

asaz mengatakan...

selamat sahur, klotekan teh apaan?

anasmcguire mengatakan...

ini kayak mainin musik patrol ya.... met puaasa mas..

Zuhri is my name mengatakan...

@asaz : Klotekan(bahasa jawa) tuh cara ngebangunin sahur warga pke' alat2 musik tradisional spt: kentongan, gelas. Budaya ngebangunin sahur d stiap daerah psti ada cm' namanya yg beda.

@anas: Yup..sjenis itu mass..!

Evy mengatakan...

yg pertama (ala opik kumis #loh-->opik penyanyi itu): aq tinggal dikota tpi msih ada apa tadi, klotekan,, ia bener,pinter ^__^ Itu msih cara yg amouh buat bangunin sahur
yg kedua : seru banget jdi cowok bsa ikut klotekan,,aq jg mau tpi gk boleh kan aq ce' ^__^
yg ketiga : dirumahku ada phn mangga, suka bnyak tangan jail,,bisa nih ku panggil bala bntuan dri genk religius ^__^
Gud lak yah bro ^___^

Rosi-ahmad.blogspot.com mengatakan...

Kan aku pnya henpon, jd bs pasang alarm 03.00wib everyday dah, selama blan ramadhan

Zuhri is my name mengatakan...

Evi :
1. Klo di daerah Lo,namanya apa? Stiap daerah beda kan??
2. Klo cow..bngunin sahur,gmna klo yg cewe' bangunin tu' buka puasa. hehe
3. Wah..genk religius plig suka mangga loh, gunain triknya genk badung ah..*lho kok*

Rosi: G' ada klotekan kah d daerahmu? Q jg kdang pke' alarm, tp g' Ampuh tuh..!

Anonim mengatakan...

Wah baik sekali genk religious, andai saja kebanyakan orang berfikir hal yg sama kaya gitu mungkin ga akan ada masyarakat yg tertinggal sahur. Nice ^_^